Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 23 February 2022

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Bagi UMKM

Pelatihan

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Bagi UMKM – Jumlah dan eksistensi bisnis UMKM saat ini semakin berkembang. Dengan jumlahnya yang sangat banyak di seluruh penjuru negeri, UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia yang memiliki kontribusi yang luar biasa.

Seiring dengan perkembangan tersebut, persaingan bisnis UMKM tentunya juga akan semakin ketat. Diperlukan pengetahuan, inovasi, dan praktek-praktek khusus yang dapat membantu sebuah bisnis untuk dapat unggul dalam sebuah persaingan. Apa saja yang bisa dilakukan?

Krealogi telah merangkum beberapa tips menghadapi persaingan bisnis bagi UMKM. Simak informasi berikut sampai selesai, ya!

Table of Content: 

  1. Tingkatkan Kualitas Produk atau Layanan
  1. Memperkuat Identitas Merek 
  1. Pahami Target Pasar 
  1. Harga Produk Bersaing 
  1. Manfaatkan Platform Online 

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis UMKM

 

1. Tingkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Persaingan identik dengan hubungan dengan bisnis lain yang memiliki jenis atau kategori produk yang hampir sama. Produknya sering kita sebut sebagai produk kompetitor. Untuk memenangkan persaingan, maka kamu harus bisa menciptakan produk dengan mutu yang lebih baik.

Kualitas produk barang maupun jasa menjadi salah satu faktor penting yang dinilai oleh konsumen sebelum melakukan pembelian atau pembelian ulang. Apalagi, di era internet ini ulasan orang lain mengenai kualitas produkmu sangat diperhatikan oleh calon pembeli lainnya.

Terlepas dari skala usahanya, produk yang berkualitas adalah hal yang harus diupayakan oleh sebuah bisnis. Hal ini dilakukan untuk pemuasan kebutuhan konsumen dan juga agar memiliki nilai unggul dibandingkan produk serupa.

Baca juga: Strategi Meluncurkan Produk Baru 

2. Memperkuat Identitas Merek

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperkuat identitas merekmu. Identitas merek terdiri dari nama, logo usaha, kemasan, dan hal-hal lain yang dapat ditangkap oleh penglihatan konsumen.

Jadi, identitas merek memiliki tujuan agar produkmu semakin mudah dikenali dan dibedakan oleh konsumen dibanding produk dari merek lainnya. Identitas merek juga dapat menjadi penentu kredibilitas dan membentuk persepsi konsumen.

Persepsi yang baik dari konsumen terhadap merek dapat diasosiasikan dengan persepsinya terhadap kualitas produk. Semakin baik identitas yang dimiliki, semakin banyak orang yang berpotensi mengenal dan melakukan pembelian produk dari merekmu.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kemasan Produk

3. Pahami Target Pasar

Selain berfokus pada produk, tidak kalah pentingnya kamu harus fokus kepada target pasar atau calon konsumen. Kamu harus mampu melihat seperti apa target pasar atau konsumen yang sekiranya akan membeli produkmu.Dengan demikian, upaya promosi dan juga perkembangan produk dapat lebih terarah dan efektif.

Memahami target pasar artinya kamu mampu melihat kebutuhan mereka, dan mampu membawa solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Inovasi dan pemecahan masalah yang kamu lakukan juga akan lebih terfokus dan efektif. 

4. Harga Produk Bersaing

Harga menjadi aspek yang cukup penting bagi calon konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Tentukan harga yang sesuai dengan target pasar yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Tidak lupa, usahakan harga tersebut juga bersaing dengan harga produk sejenis yang ada di pasaran. 

Harga bersaing bukan berarti harus lebih murah, atau bahkan paling murah. Jika kamu memasang harga yang lebih tinggi pun, pastikan kualitas produkmu memang lebih baik dari kompetitor. Bukan hanya produk, namun pengalaman dan pelayanan juga akan dilihat oleh calon konsumen produkmu. 

5. Terapkan Strategi Pemasaran Online

Kemajuan internet dan perubahan perilaku berbelanja masyarakat sudah dirasakan secara nyata sekarang. Masyarakat Indonesia menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh platform jual-beli barang yang dapat dilakukan secara online. 

Selain mudah dan cepat bagi pembeli, kegiatan jual-beli online juga memiliki beberapa keuntungan bagi penjual. Jika berjualan dulu tidak dapat menjangkau pasar yang terlalu luas, dengan internet, kamu bisa dengan mudah memasarkan produk secara lebih luas.

Maka, kamu harus bisa memanfaatkan teknologi untuk dapat menerapkan strategi pemasaran online. Kemampuan untuk memanfaatkan hal ini akan memberikan keunggulan bagimu dibanding pelaku usaha lain yang belum dapat melakukannya. 

Baca juga: Strategi Pemasaran Online bagi UMKM 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan posisimu bisnismu dalam persaingan. Kuasai persaingan dengan pengelolaan bisnis yang lebih baik bersama aplikasi Krealogi dari DuAnyam! Baca juga Bagaimana Krealogi Membantu UMKM

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami