Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 24 February 2022

Viral di Media Sosial, Begini Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P BitterSweet by Najla 

Pelatihan

Viral Di Media Sosial, Begini Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P BitterSweet By Najla− Sebagian besar dari pengguna media sosial tentu pernah mendengar Bittersweet By Najla; sebuah merek dagang dessert box yang namanya sempat santer dibicarakan.

Kepopuleran Bittersweet By Najla tentu tak lepas dari strategi pemasaran yang diterapkan. Sebagai contoh bisnis dengan penerapan strategi pemasaran 4P, Bittersweet By Najla yang mulanya hanya bisnis kue rumahan kemudian mampu bersaing di pasar, hingga digadang menjadi pelopor viralnya dessert box di Indonesia. 

Bagi kamu yang tengah merintis usaha terutama di bidang makanan seperti dessert box Bittersweet By Najla, meledaknya merek dagang ini di media sosial barangkali dapat kamu jadikan contoh untuk menjalankan bisnismu. Lantas, bagaimanakah penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla? Berikut penjelasannya! 

Table of Contents: 

  1. Product (produk)
  1. Price (harga)
  1. Place (tempat)
  1. Promotion (promosi) 

1. Product (produk)

Dalam artikel sebelumnya Strategi Pemasaran 4P Untuk UMKM, telah dibahas bahwa strategi yang pertama adalam produk. Sebagaimana namanya usaha dessert box, produk utama yang dipasarkan adalah dessert atau makanan penutup yang umumnya manis seperti kue.

Tak serta merta sebuah kue membuat nama Bittersweet By Najla naik daun, akan tetapi ada keunikan yang dihadirkan oleh merk dagang ini sehingga mudah dikenal dan menarik perhatian masyarakat.

Selain dari kualitas rasa produknya, Bittersweet By Najla juga menyajikan banyak varian dessert. Mulai dari Dessert Box, Cinnamons Rolls, Cheese Cake, Monogram Cake, dan banyak kue lainnya.

Tak hanya sampai di situ, setiap kategori kue yang Bittersweet By Najla pasarkan memiliki banyak pilihan rasa yang mampu memenuhi ekspetasi lidah customer mereka.

Bahkan setelah berhasil meraih kepopuleran dan membuka banyak cabang café, Bittersweet By Najla juga menghadirkan menu makanan baru mulai dari kopi, pasta, hingga olahan ayam.

Keunikan paling mencolok yang dapat membuat Bittersweet By Najla dikenal adalah inovasi wadahnya. Perintis usaha ini cukup kreatif dengan idenya mengemas kue ke dalam wadah transparan yang memudahkan pelanggan untuk menutupnya kembali jika ingin disimpan. Selain itu dekorasi cantik kue juga dapat terlihat dan memikat.

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P untuk UMKM

2. Price (harga)

contoh penerapan strategi pemasaran 4p
freepik.com

P selanjutnya dalam contoh penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla adalah Price (harga). Dalam strategi pemasaran produk, mennetukan harga termasuk aspek yang harus diperhatikan. 

Di Bittersweet By Najla sendiri, produk-produk yang mereka sajikan masih tergolong bersahabat. Satu box dessert dari merek dagang ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp75.000,00. Melihat dari kualitas produknya, satu box kue dengan harga tersebut sudahlah tepat sebab pelanggan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam dan dapat menyantap kue dengan porsi cukup besar dan rasa yang nikmat. 

3. Place (tempat) 

Aspek tempat dalam contoh penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla dapat dibilang cukup unik. Pasalnya, tempat dalam strategi marketing ini merujuk ke mana pembeli dapat menjangkau produk yang dipasarkan. 

Dari cerita yang dilansir di laman web Bittersweet By Najla, usaha ini awalnya hanya merupakan usaha rumahan biasa yang hanya ditawarkan ke tetangga dan kerabat. Kemudian, usaha ini mulai berkembang dan dipasarkan lebih luas. Akan tetapi, produk hanya dapat dipesan secara online melalui media sosial dan marketplace

Kini, setelah meroketnya nama Bittersweet By Najla, merek dagang ini sudah membuka cabang café di berbagai tempat. Di antaranya: 

  • Bittersweet By Najla Kalibata,
  • Depok,
  • Bali, dan
  • Rawamangun. 

Sementara toko online-nya bahkan dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat dari penjuru negeri bahkan mancanegara. 

4. Promotion (promosi) 

Dalam contoh penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla, promosi merupakan aspek terkuat akan tenarnya usaha dessert box ini. Bentuk pemasaran yang dilakukan BitterSweet By Najla antara lain melalui: 

Media Sosial

Media sosial lagi-lagi memegang peranan besar. Memaksimalkan promosi melalui internet, media sosial Bittersweet By Najla kerap menyuguhkan konten-konten menarik setiap harinya. Mereka kerap berinteraksi dengan pengikut di media sosial, bahkan membagikan momen di balik layar para karyawan ketika dessert box diproduksi sehingga menciptakan kedekatan dengan customer. 

Bantuan Influencer

Mereka juga menggunakan jasa influencer seperti artis atau selebgram ternama untuk mempromosikan produk mereka.

Baca juga: Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer

Itu dia contoh penerapan strategi pemasaran 4P yang dilakukan Bittersweet By Najla. Setelah menyimak penjelasan di atas, kini kamu dapat mulai memodifikasi dan mengaplikasikan strategi pemasaran tersebut ke bisnismu.

Klik di sini untuk dapatkan aplikasi Krealogi yang akan membantumu dalam pengelolaan bisnis!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami