Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 08 February 2022

Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer 

Pelatihan

Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer – Sejak awal pandemi hingga saat ini, beberapa kota besar di Indonesia masih memilih menerapkan aturan PSBB yang ketat guna memerangi COVID-19. Sebab tidak bisa mempromosikan produk lewat jalur offline, banyak UMKM mulai mekasimalkan promosi mereka di media sosial. Belakangan ini, tren yang sedang berkembang di kalangan pebisnis Indonesia adalah menggunakan influencer sebagai strategi mengembangkan dan  mempromosikan perusahaan mereka. 

Table of Content: 

Apa Itu Endorser atau Influencer? 

Seberapa Penting Peran Endorser atau Influencer? 

Memilih Endorser dan Influencer untuk Membantu Usahamu 

Apa Itu Endorser atau Influencer?

Young asian lady fashion designer using mobile phone receiving purchase order and showing clothes in live streaming Free Photo
freepik.com

Endorser atau influencer sendiri dapat dipahami sebagai seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi atau mempersuasi keputusan orang lain karena perannya, jabatannya, atau pengetahuan dan kemampuannya dalam suatu bidang. Influencer memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan secara cepat kepada pengikut atau audience melalui media sosial. Bagaimanapun, influencer tidak dapat dianggap sebagai alat pemasaran, namun lebih ke partner dalam upaya memasarkan produk usahamu. 

Seberapa Penting Peran Endorser atau Influencer? 

Pemegang keputusan di perusahaan besar (big company) umumnya sudah sangat paham apa fungsi seorang influencer. Sementara di UMKM, mereka berpandangan menggunakan influencer akan langsung berdampak pada meningkatnya drive sale produk. Padahal kenyataannya, belum tentu saat kita membayar mereka, para influencer bisa langsung melakukan itu. Mengapa? Sebab, ada banyak elemen berperan untuk mencapai peningkatan penjualan secara signifikan, dan influencer hanyalah satu dari banyak elemen tersebut. Kita harus juga memperhitungkan elemen sistem distribusinya, aksesibilitas produk, kualitas produk, karakteristik, dan lain-lain. 

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk UMKM

Selain itu, dikatakannya juga bahwa seorang atau beberapa influencer akan lebih efektif digunakan untuk meningkatkan brand awareness, alias kesadaran masyarakat atas eksistensi brand kita. Selain itu, masing-masing influencer juga punya segmentasi pasar sendiri dan sobat UKM harus pula mempelajari ini. 

Jika memang produk kita dan segmentasi pasar si influencer cocok, ini bisa jadi kolaborasi untuk memperkenalkan produk kita ke khalayak hingga akhirnya menggoda mereka untuk memesan. Jadi, jangan sangka menggunakan influencer bisa langsung meroketkan penjualan, sebab kadang ada baiknya brand kita dikenal terlebih dulu. 

Memilih Endorser dan Influencer untuk Membantu Usahamu 

1. Target Pasar yang Sesuai 

Dalam menentukan endorser atau influencer untuk bekerja sama, kamu perlu memperhatikan apakah target pasarmu sesuai dengan karakter influencer dan juga para pengikutnya. Secara tidak langsung, influencer akan menjadi ‘wajah’ dari brand yang akan memasarkan produkmu ke khalayak atau pengikutnya di media sosial. 

Jika khalayak yang dituju tidak sesuai dengan target pasar dari produkmu, maka upaya yang kamu lakukan menjadi tidak efektif. 

2. Perhatikan Budget 

Selain kesesuaian target pasar dan karakter dari endorser/influencer, perhatikan juga budget yang kamu miliki. Bagaimanapun, UMKM dianjurkan untuk menggaet influencer lokal atau micro-influencer untuk mempromosikan produknya dengan jangkauan lokal. Influencer lokal, walaupun jumlah followersnya tidak terlalu besar, namun berdomisili di wilayah yang sama. Sehingga, upaya promosi yang dilakukan menjadi lebih tepat sasaran dan efektif. Secara tidak langsung, lebih besar pengaruhnya kepada penjualan. 

Itulah beberapa informasi mengena pemasaran digital dengan bantuan influencer. Dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu lebih paham dan tahu hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam bekerjasama dengan endorser atau influencer. Jika kamu menyukai artikel dan informasi lainnya dari Krealogi, kamu bisa klik di sini! 

Download dan dapatkan aplikasi Krealogi di sini

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami